Sunday, October 9, 2011

Tentukan Yang Kau Mau Agar Kau Tau Yang Harus Kau Kejar

Banyak orang yang pengen jadi sesuatu, tapi ga tau mau jadi apa, banyak orang yang dengan dalih bersyukur, berhenti di satu spot dan cuma jalan ditempat. Masalahnya kalo kita cuma jalan ditempat dan ga kemana mana, yang kita dapet bakal sebatas itu, bayangin kalo kita enggak jalan ditempat, berapa banyak hal lain yang bisa kita liat, kita dapetin.

Oke, banyak orang yang jadi sesuatu dengan bangun dari tidur, bekerja, pulang kerumah, tidur lagi, besoknya sama, lusanya sama, yang beda kalo mereka udah mencapai 60 taun, pensiun men. Tapi apa itu namanya hidup? Life is a journey, life is an advanture, bahkan iklan susu balita aja bisa bilang gitu. Ya tapi balik lagi, hidup menurut orang kan beda -  beda. Menurut aku, ada dua tipe orang yang ga bisa maksimal dan dapetin maksimal dalem hidupnya, yang pertama, dia yang ga tau dia mau dan jadi apa, yang kedua, yang takut ngejer yang dia mau. Oke, ada tiga, yang ketiga, kampret.

Yang pertama
Baca qur’an dan maknanya!! Banyak orang yang belum ngerasa maksimal dalam hidupnya, karir, atau apalah, karena mereka ga bener – bener tau yang dia mau. Misal, buruh pabrik, seperti saya, bertahun – tahun kerja dan bertahun -  tahun juga ga merasa nyaman sama kerjaan, masalahnya, saya enggak tau, klo bukan ngeburuh gini, mau ngapain lagii??  Nganggur?? Makan apaa?? Anak istri gimanaa?? Enggak, enggak, aku belum nikah. Atas dalih itulah bertahun -  tahun mentok menjadi seorang buruh pabrik.

Tapi kemudian, aku mulai mikir, masa iya sih ga ada yang bisa dilakuin selain ini. kemudian aku mikirin semua yang aku suka, semua yang aku bisa, semua yang bikin aku jadi merasa ga pernah keberatan ngelakuinnya.

Musik, salah satu hal yang bener – bener aku suka, sama kayak betapa sukanya jupe nunjukin belahan dada. “apa bisa aku kejer hal yang satu ini?”  , dari smp udah mulai ngeband, ikut festival band, ga pernah menang, bubar, seterusnya sampai saya lulus kuliah. Belakangan aku juga masih coba, bikin lagu sendiri, main akustikan bedua sama temen, tapi ya itu, Cuma sampai disitu. Salah satu temen band aku dulu, david namanya, dia sama kayak aku, suka sama musik, pernah satu band, tapi bedanya, dia komit sama hobi dia dan ga takut buat ngejer terus hal yang dia sukain ini sampai sekarang, dia bisa main di suatu festival yang sejajar sama burgerkill, deathsquad, jadi opening band metal asal Jerman, Obscura dan band dia sekarang udah jadi salah satu band death metal yang diperhitungkan, dia ga pernah berhenti dan ga takut buat ngejer yang dia pengenin. Biarpun dia berwirausaha dibidang IT, henpon – henponan, sepertinya dia ga kehilangan cintanya sama ibanez-nya.

Motret. Oke, bilanglah aku labil, semua – semua minat, banyak minat mungkin bagus, klo ada yang fokus, nah kayak aku gini, banyak minat, Cuma gitu – gitu aja, semua yang ga di tekunin ga bakal jadi apa – apa. Hobi ini waktu kuliah kayaknya, mulai suka motret – motret, awalnnya iseng – iseng, lama – lama jadi suka, tapi itu tadi, aku ga berani ngejer hal yang satu ini lagi. Kemudian hobi aku Cuma mentok di blackhopeless.deviantart.com , ga kemana – mana.  Ngeliat temen, yang kadang – kadang menjijikkan karena dia ga bisa berenti ngira aku orang India, Dona ( @donahiiphaa ), calon dokter bermuka kaki lima, karena salah satu hobinya jualan. Dona salah satu orang yang suka motret, bedanya sama aku, dia lebih berani untuk hobinya satu ini, lebih terlihat serius dalam hal motret, well, at least that what I see. Dia berani untuk cari job, cari orang yang mau dipotret, promosi, nunjukin ke orang – orang klo dia punya sesuatu, bukan Cuma syahrini yang punya sesuatu, dan dia berani pasang harga untuk jasanya ini, hey, ini bukan masalah uang, masalahnya dia berani menghargai kemampuan dia, terlepas hasilnya bagus apa enggak, dia berani.

Bisnis / dagang, yang satu ini  bukan merupakan hobi atau kemampuan, tapi lebih kepada kenyataan yang ada. Aku sebagai pekerja di salah satu laboratorium pembibitan, 2 tahun lebih kerja sebagai buruh disitu, dan apa yang aku dapet?. Ini  bukan tentang tidak bersyukur, ini lebih tentang kenyataan kalau kau punya cita – cita bisa punya rumah yang bagus, mobil bermesin v8, gibson hollow body, seperangkat produk apple, bakal lama dapetinnya kalau kau cuma sebagai buruh pabrik. Rejeki ditangan Tuhan, tapi usaha di tangan kita, bukan?. Untuk yang satu ini, aku bener – bener gagal, bahkan sebelum aku mulai bisnisnya, banyak konsep yang ada didalam otak tentang berdagang, tapi Cuma konsep, yang di jalankan? Nihil!  Dari banyak tulisan yang aku baca, tentang kewirausahaan, bisnis yang bagus adalah “bisnis yang dibuka”. Dan saya tidak membuka apapun.

Yang Kedua
Banyak orang yang punya dan sadar akan kemampuan dia, yang tau dia mau jadi apa, yang tau apa yang dia bisa lakuin, tapi ga cukup berani untuk ngelakuinnya. Orang yang gini, mungkin udah terlalu keenakan di zona nyaman sampe – sampe dia takut keluar dari zona itu. Memang sih untuk mengejar yang kita mau, ga gampang, ga segampang bangun tidur, pergi ketempat kerja, pulang dan dapet gaji, tapi bukannya ga ada yang gampang di dunia ini,  tidur aja kadang susah.

****
Jadi, kalo belum tau apa yang kalian mau dan kalian bisa, coba cari tau semua hal yang paling disukain, tulis kalo perlu apa – apa aja yang disukain, tandai yang paling bisa kau kerjain dengan bener dan paling kau suka, konsepin, dan fight for it.
Dan kalo kau udah tau apa yang kalian paling suka dan paling bisa, tekunin dan beranilah untuk hal yang kau suka.
Akan menjadi sebuah kerja yang besar dimana kita sedang bekerja untuk bisa tetep hidup dan fight buat hal yang kita sukain dengan harapan hal yang kita fighting for tadi bakal jadi sesuatu, tapi ga ada yang sia – sia kan? Setengah – setengah, hasilnya setengah, total hasilnya total.

****
Oke, sebenernya aku juga ga tau apa ini yang aku tulis, tp okelah, ini pandangan saya dan mungkin saya lebih cocok membacanya sendiri dari pada sok ngasih tau orang.
Oke aku mungkin jenis orang ketiga, kampret, kau?

1 comment:

  1. hmmmmmm........kyk nya W'termasuk bagian dari smua itu dech....cndrung jln di tmpt....

    ReplyDelete